Translate

Senin, 11 Juli 2011

Selayang Pandang


KABALI PRO FM

Radio KABALI PRO FM adalah radio yang masih baru didirikan pada tanggal ..... Juli  2011 oleh  FORKOM KABALI yang didukung oleh masyarakat Liya. Keberadaan radio ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Liya karena broadscating nya sangat dibutuhkan oleh pendengar, apalagi dengan beberapa tembang hiburan yang di siarkannya melalui frequensi ....,.... MHz. disamping menyiarkan siaran tentang seni dan budaya, Radio ini juga  memiliki siaran mutu pendidikan, berita lokal yang mengarah pada sumber daya alam Wakatobi yang mengarah pada radio komunitas, karena kalau dicermati Radio ini banyak mengandung unsur-unsur lokal. Begitu banyaknya persoalan-persoalan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama informasi tentang seni dan budaya, masalah pelestarian situs-situs sejarah serta masalah pelestarian kawasan air laut  dan pengelolaan hasil laut di Wakatobi telah banyak mengalami kerusakan serius, dengan merusak terumbu karang akibat pemboman, pembiusan ikan, penjarahan karang aktif dan sebagainya akibatnya koloni ikan dan biota laut semakin terancam. Oleh karena itu sangatlah tepat untuk menghadirkan sosialisasi atau penyuluhan melalui mutu siaran radio untuk terutama masyarakat yang masih rawan dengan lingkungan, Radio ini merupakan sebagai mitra utama pemerintah maupun pihak LSM untuk memberikan pencerahan dan bimbingan melalui mutu siaran Radio KABALI PRO FM, sehingga kami mengganggap bahwa dengan berdirinya studio KABALI PRO FM merupakan salah satu solusi terbaik untuk menggalangkan program seni dan budaya serta pelestarian cagar budaya dan penyiaran lingkungan hidup akan pentingnya ekosistem yang sehat dan tidak berdampak .
            Tugas dan project program radio KABALI PRO FM adalah memberikan mutu penyiaran yang berbasis pelestarian seni dan budaya, pelestarian cagar budaya (situs sejarah),  kampanye lingkungan hidup, akan pentingnya pelestarian lingkungan Wakatobi kedepan, demi menyelematkan ekologi dan ekosistem lingkungan yang semakin terancam disebabkan oleh pro-aktivitas Manusia dan masyarakat. Hal ini juga (radio) dapat memberikan solusi alternatif untuk menjaga seni dan budaya, pelestarian cagar budaya, serta keseimbangan lingkungan khususnya wilayah perairan Liya dan sekitarnya, masyarakat juga akan diberikan penyuluhan-penyuluhan dalam bentuk iklan layanan, membuat sketsa kegiatan mingguan yang terprogram dalam penyiaran Radio KABALI PRO FM seperti yang diharapkan masyarakat lokal yang bermukim di Wilayah Wakatobi dan Masyarakat Liya khususnya.    

TUJUAN

Tujuan Kabali Pro FM adalah :

  1. Meningkatkan kreativitas dan kepekaan generasi muda dalam mengembangkan apresiasi seni dan budaya lokal.
  2. Mengembangkan kemampuan untuk berekspresi sesuai talenta yang dimilikinya.
  3. Membudayakan iklim kompetatif dalam mengolah dan mempelajari seni dan budaya.
  4. Mengembangkan seni dan budaya dan meningkatkan kedewasaan dalam berekspresi.
  5. Memantapkan jati diri generasi muda sebagai cermin masyarakat yang gemar dengan seni dan budaya.
  6. Sebagai media hiburan untuk menjalin kemitraan antara masyarakat dengan masyarakat diluar dalam bidang entertainment.
  7. Menjadi sarana untuk meyalurkan aspirasi yang ada dalam lingkungan masyarakat.

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari Radio Kabali Pro Fm  ini adalah :

  1. Mampu menghadirkan entertainment yang menghibur masayarakat, berdasarkan budaya lokal kita, dan memiliki pesan moral kepada masyarakat yang bernilai tinggi, dan memiliki unsur-unsur seni dan budaya tradisional Wakatobi.
  2. Dihasilkan generasi muda yang kreatif dan inovatif yang dapat diterapkan langsung untuk kepentingan masyarakat dalam dunia entertainment (hiburan)
  3. Dapat mempublikasikan karya insan-insan seni sebagai sumbangan dan masukan, baik kepada kalangan masyarakat Wakatobi, berbagai kemajuam seni dan budaya lokal ataupun nasional
  4. Meningkatkan peran serta dunia hiburan dalam peningkatan produktivitas karya-karya seni dan budaya kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar